Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Senin, 02 Desember 2013

CARA PERAWATAN BUDIDAYA KROTO


CARA PERAWATAN BUDIDAYA KROTO

Budidaya kroto memang terlintas mudah, namun tentu tidak bisa asal-asalan. Seperti diketahui, semut kroto adalah hewan yang sensitif yang suka berpindah, mudah setress dan suka merayap naik. Itulah sebabnya, anda harus cerdas dalam merawat semut kroto ini.
Cara perawatan dalam budidaya kroto yang terpenting adalah lokasinya sejuk, terhindar dari sinar matahari, tidak bising, tenang dan suhu udara yang segar. Anda harus rajin memantau perkembangan semut anda, minimal sehari sekali dalam satu waktu.
Soal desain kandang sebenarnya tidak ada peraturan yang baku. Anda bisa menggunakan 80 cm x 200 cm, 60 cm x 150 cm, dll.. Prinsipnya  buatlah rak yang bertingkat sehingga semut bisa beraktifitas dengan leluasa. Cuma perhatikan rak kandang anda. Jangan sampai rak anda berbau zat kimia karena hal itu tidak baik bagi budidaya anda.
Soal makanan berikan ulat hongkong dan sejenisnya semisal ulat jerman, bangkai ikan yang masih segar, jangkrik dan seterusnya (bangsa hewan). Hindari makanan yang terkena bahan kimia dan goreng2an, karena hal itu bisa membawa zat yang membuat semut anda bisa setress, bahkan mati.
Pemberian makanan usahakan agar secukupnya saja. Jangan terlalu banyak memberikan makanan semisal ulat hongkong, karena dikhawatirkan kualitasnya menurun (karena sudah tidak segar lagi). Sebagai contoh untuk semut kroto 30 toples, cukup 1 ons dalam 2 minggu. Baru kalau pakan ulat hongkong mau habis diberi lagi.
Demikian pula soal pemberian minuman. Usahakan agar minuman yang dipakai habis dalam waktu maksimal 6 hari. Jangan memberikan minuman air gula terlalu banyak, karena dikhawatirkan kualitas air gulanya akan menurun.


Nah, untuk menjaga agar semut merasa nyaman, anda perlu memiliki ratu semut. Ratu semut selain bisa membuat semut lainnya (pekerja dan prajurit) betah untuk tinggal di lokasi, juga menghasilkan telur kroto yang lebih besar daripada semut prajurit.
Sekilas dulu penjelasannya guys,
bibit kroto
bersambung..... by BIBIT KROTO JOGJA

Baca Juga : Cara Mudah Budidaya Kroto bagi Pemula