Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Minggu, 08 Desember 2013

Cara Mudah Budidaya Kroto Bagi Pemula


Cara Mudah Budidaya Kroto Bagi Pemula

Kembali dengan Juragankrotobagus, kali ini kita akan membahas tentang Cara Mudah BudidayaKroto. Ya, Budidaya Kroto memiliki aneka macam metode dan media tertentu. Salah satunya adalah media toples. Media toples kini lebih banyak dipakai dari pada media bambu dan paralon. Media toples dan aqua atau botol dianggap lebih praktis, sederhana, dan lebih mudah daripada media bambu dan paralon.
Untuk media toples, baik ukuran sonice, astor dan jumbo memiliki teknik khusus yang patut diperhatikan bagi pembudidaya kroto. Adapun teknik sederhana dan mudah dalam budidaya kroto media toples adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan kandang/ rak kroto
Sebelum anda membudidayakan kroto, terlebih dahulu anda menyiapkan kandang kroto. Soal ukuran kandang sebenarnya tidak ada aturan yang baku. Yang penting anda buat bertingkat saja. Ukuran kandang bisa 60 cm x 160 cm dan tinggi 1,5 meter dan sebagainya.
Pembuatan kandang tidak harus dengan biaya mahal, tetapi dengan biaya murah pun bisa anda lakukan. Anda bisa memanfaatkan sisa-sisa kayu, triplek di sekitar anda. Yang penting, usahakan agar kandang atau rak kroto anda tidak terkena atau bercampur bahan kimia. Jika terpaksa bahan-bahan kandang anda terkena hal itu, bersihkanlah dengan sempurna. 
kandang kroto, ternak kroto
Contoh desain rak/kandang kroto

  1. Membeli Bibit Kroto.
Setelah kandang anda sudah siap, saatnya menyiapkan bibit kroto. Bibitkroto bisa anda dapatkan di alam. Hanya saja anda harus mau bersusah payah blusukan di kebun sekitar anda. Namun, kalau anda ingin simple, bisa membeli bibit kroto di berbagai penjual bibit kroto terdekat anda (termasuk saya yang juga penjual bibit kroto),.. haha,. Promosi ni../ peace...
bibit kroto, ternak kroto
Bibit kroto siap produksi.


  1. Membuka selatip yang menempel di toples bibit kroto.
Setelah bibit pesanan anda datang, taruhlah bibit kroto tersebut di rak/kandang kroto anda. Kemudian, bukalah selatip yang menempel di toples bibit kroto. Selatip ini biasanya sengaja digunakan oleh penjual bibit kroto guna menjaga semut supata tidak kabur kemana-mana. 
budidaya kroto
 Bibit kroto yang baru datang dan sudah dibuka selatipnya.

  1. Siapkan Makanan.
Makanan semut kroto adalah bangsa hewan seperti ulat hongkong, serangga, jangkrik, bangkai ikan segar dan lain sebagainya. Berilah makanan secukupnya saja.  jangan berlebihan memberikan makanan, supaya kualitas makanan semut selalu terjaga dengan baik. 

 
  1. Siapkan minuman air gula.
Kemudian, taruhlah air gula(putih) di kandang kroto. Ukuran air gula pada prinsipnya adalah manis. Biasanya, untuk semut 20-50 an toples, cukup satu liter air dengan diberi gula putih, lalu diaduk2 sampai merata. 
Air gula minuman kroto
 air gula.

Kemudian yang harus dihindari adalah :
  1. Sinar matahari langsung. Semut bisa kepanasan dan setress bila terus-terusan terkena sinar matahari.
  2. pemcemaran udara, air dan suara. Semut mudah setress bila di sekitar kandang suasanannya sangar ramai, dan bising.
  3. Sering dilihat atau dipandangi terus menerus.
  4. Ruangan yang terlalu cerah.
Oleh karenanya, buatlah kandang kroto anda sejuk, tenang dan agak gelap sehingga semut kroto anda berkembang dengan maksimal.
Demikian sedikit ulasan tentang cara mudah budidaya kroto media toples. Bila anda merasakan manfaat tulisan ini silahkan dikoment ya bos.. makash
Salam kami dari juragankrotobagus.blogspot.com