Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Senin, 09 Desember 2013

Mengapa semut kroto kabur dan meninggalkan toplesnya?


Mengapa semut kroto kabur dan meninggalkan toplesnya?

Budidaya kroto bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang bila sudah berpengalaman dan memahami karakter semut. Susah bila belum pernah berpengalaman dan minim pengetahuan. Banyak pertanyaan dari saudara-saudara di berbagai daerah tentang kendala budidaya kroto. Salah satunya adalah semut kroto kabur dan meninggalkan toples koloninya.
Pengalaman seperti ini hampir dialami siapa saja yang melakukan budidaya kroto, termasuk saya di awal-awal membudidayakan kroto. Tentu kita bertanya-tanya mengapa semut kroto bisa kabur dan meninggalkan toples koloninya sehiingga tersisa kosong momplong?
Nah, juragankrotobagus kali ini membahas masalah tersebut. Saya bukan bermaksud menggurui saudara-saudara yang lebih pengalaman, akan tetapi sekedar berbagi pengalaman saja. Baiklah kita bahas bersama.
Semut kroto kabur meninggalkan toplesnya bisa terjadi karena beberapa hal. Pertama, karena sarang koloninya rusak. 
Semut kroto adalah hewan sensitive sehingga jika sarangnya rusak, mereka akan berpindah tempat. Penyebabnya bisa jadi karena berbenturan dengan benda keras, digoyah-goyah dan sebagainya.
Kedua, karena ia tidak nyaman dengan tempat yang dihuninya. 
Tempat yang panas semisal di bawah asbes, terkena sinar matahari langsung dan dekat dengan asap dan sumber api jelas membuat semut tidak betah dan gampang setress. Biasanya, mereka akan berusaha lari, menjatuhkan diri ke lantai dan membuat “jembatan”supaya bisa kabur. Disamping hal itu, bisa jadi kandang raknya terkena bahan kimia yang membuat semut alergi dan setress.
Ketiga, karena suasananya terlalu ramai dan dilalui orang. Suasana yang ramai, yakni dekat dengan lalu lalang orang gampang membuat semut setress. Sebagaimana di alam, semut suka suasana yang tenang, sepi dan sejuk. Keempat., karena anda telat memberi makan dan minum.  
Solusinya hati-hatilah terhadap toples koloni semut. Usahakan agar sarangnya terjaga dengan baik. Lalu buatlah lingkungan yang nyaman, tenang, sepi, sejuk, bebas sinar matahari langsung, bebas polusi, pestisida dan berikanlah makanan dan minuman semut kroto dengan bijak sehingga semut anda aman dan tidak pergi meninggalkan toples koloninya. 
ternak semut rangrang
Lokasi yang tenang, sepi, sejuk, terjaga dan terawat penting supaya semut tidak kabur.

.