Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Kamis, 09 Januari 2014

MANFAAT SEMUT KROTO


MANFAAT SEMUT KROTO

Kembali dengan bibit kroto jogja, kali ini kita akan membahas tentang manfaat semut kroto. Semut kroto memiliki banyak manfaat bagi hewan, manusia dan tumbuh-tumbuhan. Hewan yang terkenal dengan gigitannya yang tajam ini menyimpan khazanah ekologi dalam sistem ekosistem di bumi. Apa sajakah manfaatnya?

Pertama, sebagai pencegah hama tanaman secara alami. Semut rang-rang adalah pemakan hama tanaman semacam ulat, belalang, dan lain sebagainya. Hama tersebut tersebut jelas sangat mengganggu produktifitas buah tanaman. Nah, dengan adanya semut rang-rang otomatis bisa menjadi pembasmi alami bagi kebun anda. 

semut pembasmi hama tanaman alami
semut rang-rang turut membasmi hama dalam sebuah perkebunan.

Kedua, semut kroto menghasilkan telur yang disebut kroto. Kroto merupakan makanan utama bagi burung kerkicau semacam Murai Batu, Beo,Jalak,Poksai, Kutilang, dan lain sebagainya. Dengan adanya kroto, suara burung kerkicau pun lebih mantap dan harganya pun meningkat. Apalagi jika memasuki musim penghujan seperti Januari saat ini, harga kroto dipastikan akan meningkat, mengingat pasokan alam semakin menipis dan susah dicari.

murai batu pemakan kroto
Burung berkicau menyukai kroto

Ketiga, Bisa dijadikan umpan dalam memancing ikan. Seperti diketahui, para mancing mania senang sekali menggunakan kroto untuk memancing ikan seperti Ikan Mas, Bawal, Lele, Mujair dan seterusnya. Apalagi jika sedang diadakan kegiatan lomba memancing ikan, kroto jelas menjadi barang pertama yang dicari bagi mancing mania
pemancing menyukai kroto

 Mancing mania selalu menggunakan kroto untun umpan pancingnya.

Keempat, mengurangi penggunaan pestisida. Dengan adanya semut rang-rang penghasil kroto bisa menghemat anggaran penggunaan pestisida dalam kebun anda sehingga turut pula mengurangi penggunaan pestisida. Pada hal, pestisida jelas salah satu sumber polusi udara, tanah dan air. 

Cukup empat dulu ya juragan mengenai manfaat semut kroto. Silahkan juragan menambahinya sendiri. Dengan begitu banyak manfaat semut kroto, tidak ada salahnya anda membudidayakan kroto baik untuk tujuan ekonomis, biologis dan ekologis. Semoga bermanfaat dan terimakasih anda telah membaca artikel manfaat semut kroto ini.