Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Kamis, 17 Juli 2014

cara memberi makan dalam budidaya kroto semut rangrang


cara memberi makan dalam budidaya kroto semut rangrang


    Setiap mahluk hidup tentu saja membutuhkan makanan demi kelangsungan kehidupannya, termasuk dalam hal ini adalah semut rangrang. Semut rangrang tergolong hewan karnivora atau pemakan serangga atau hewan(daging) yang tergolong agresif. Dengan perkembangan zaman, semut rangrang pun kini bisa dibudidayakan dengan teknik tertentu. Pertanyaanya, bagaimana cara memberi makan dalam budidaya kroto semut rangrang?
   Langsung saja, cara memberi makan semut rangrang adalah sebagai berikut. Pertama, berikan salah satu hewan berikut semacam ulat hongkong, ulat kayu, kepik, jangkrik dan semacamnya. Taruh makanan tersebut dalam baki atau wadah dalam jumlah tertentu di lantai (rak). Usahakan agar pemberian makanan semut rangrang ini secukupnya saja dan di dekat bibit kroto anda. Misal, jika anda memiliki 50 toples, maka anda bisa menggunakan ulat hongkong sebesar 1 ons dalam seminggu.
   Pertanyaan berikutnya, kalau habis sebelum seminggu bagaimana? Ya mudah saja, tinggal belikan saja ke penjual di pakan burung. Intinya, usahakan agar makanan semut rangrang tidak habis sama sekali. Karena, jika makanannya habis, semut bisa saja setress dan berusaha kabur serta berusaha membuat jembatan bergantungan atau malah bunuh diri terjun bebas.
   Kedua, berikutnya siapkan minuman air gula secukupnya. Bagaimana takarannya? Sederhana saja, pada prinsipnya adalah manis. Lebih manis lebih baik. Bagaimana cara pembuatannya? Mudah saja, tinggal siapkan air dalam bentuk mentah ataupun yang sudah direbus. Lalu, masukkan gula pasir ke dalam wadah yang telah disiapkan. Aduk terus menerus sampai rata. Kalau sudah merata, baru kemudian taruh dalam wadah khusus semisal baki, lalu taruhlah di rak tempat budidaya kroto anda.
    Makanan dan minuman semut rangrang tersebut usahakan agar selalu ada. Lalu yang perlu diperhatikan, usahakan agar makanannya semisal ulat hongkong, jangkrik dll dalam kondisi fresh atau segar. Mengapa? Karena kandungan proteinnya masih terjaga. Demikian pula dengan minumannya, usahakan agar jangan terlalu banyak sehingga sampai berubah warna atau basi. Sebab, kalau basi dikhawatirkan akan muncul bakteri yang bisa mengganggu perkembangan budidaya kroto semut rangrang dalam ternak semut rangrang anda.
cara memberi makan semut, makanan semut rangrang

ulat hongkong; makanan favorit semut rangrang.
Baca Juga  :

Cara Mudah Budidaya Kroto bagi pemula  

Cara Tepat Peletakan Bibit Kroto


air gula; minuman semut rangrang.