Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Rabu, 02 September 2015

Hama dalam Budidaya Kroto Semut Rangrang

 Hama dalam Budidaya Kroto Semut Rangrang


Segala macam budidaya atau peternakan, tentu saja ada hama dan kendala yang menyertainya. Termasuk dalam hal ini adalah budidaya kroto atau ternak kroto. Hama dalam budidaya kroto menjadi suatu hal yang ditakutkan oleh peternak kroto baik bagi pemula atau pun yang sudah berpengalaman.

Hama budidaya semut kroto rangrang ada beberapa macam. Pertama, cicak. Cicak adalah salah satu hama yan seringkali menerpa para pembudidaya kroto. Loh kok biasa! Ini bicara fakta. Di Kotagede ada laporan ke kami dan sebagian peternak kroto lainnya menceritakan bahwa rak mereka terdapat Cicak yang menyerang dan memakan semut rangrang peliharaannya.

Kami pun bertanya kepada mereka, apa penyebabnya sehingga Cicak bisa menyerang semut krotonya. Setelah ditelusuri, rupanya Cicak bisa ke rak atau kandang kroto melalui dinding yang memang dekat dengan tempat atau kandang kroto. Itulah sebabnya, saran kami jangan membuat rak atau kandang kroto terlalu dekat dengan dinding. Tujuannya supaya Cicak tidak bisa loncat dan merusak habitat koloni semut rangrang.

Hama berikutnya atau kedua adalah Tikus. Tikus sebenarnya bukan hama secara langsung. Akan tetapi tikus biasanya “mengobrak abrik” toples koloni beserta makanannya. Yang diincar, biasanya adalah ulat hongkong yang berada dalam wadah khusus. Kejadian ini banyak sekali menimpa peternak kroto sesuai laporan mereka ke kami.

Itulah sebabnya, rak yang paling bawah usahakan tidak terlalu rendah. Tujuannya supaya tikus tidak bisa naik dan mengganggu budidaya kroto anda. Cara lainnya, tutup semua celah yang kemungkinan tikus bisa masuk melalui celah tersebut.
Demikian sedikit informasi tentang hama budidaya semut rangrang penghasil kroto. Semoga bermanfaat.

Anda berminat budidaya kroto? Kami sedia bibit kroto ready stock. Siap kirim kirim ke seluruh pelosok tanah air. Hub 08562978531. 



hama ternak kroto

16 komentar:

  1. Balasan
    1. makasih gan.. agan mantap juga tu..

      Hapus
  2. gan,, di jakarta ada gk mau beli indukany

    BalasHapus
  3. Kalo di bogor dimananya ya gan

    BalasHapus
  4. kalo di bogor ada ga gan alamatnya di mana

    BalasHapus
  5. Informasi yg sangat berguna. Salam kenal dr tomo peternak asal mojokerto jatim.

    BalasHapus
  6. Blog yg sangat bagus Dan bermanfaat. Sukses slalu buat penulis. Salam kenal dr Gadjah Kroto mojokerto jatim.

    BalasHapus
  7. Mau saya coba, pemesananny gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo gan. langsung ke TKP atau hubungi 08562978531

      Hapus
  8. Permisi gan. Kalau untuk pelatihan y geratis atau bayar.?

    BalasHapus
  9. Bisa d paketin gk ya kalo pesen bibitnya. Trus klo d paketin rusak gk ya

    BalasHapus
  10. Klo mau pesen bibitnya apa bisa via paket pos.. Atau gimana.. Trus rusak gk nnti klo d paket via pos

    BalasHapus
  11. Untuk yg wilayah mojokerto mgkin bisa kasih info dan kontak yg bisa dhubungi. Soalnya mau tanya2 tentang budidaya ini

    BalasHapus
  12. Untuk yg wilayah mojokerto mgkin bisa kasih info dan kontak yg bisa dhubungi. Soalnya mau tanya2 tentang budidaya ini

    BalasHapus

Mari budayakan bertegur salam sapa dan berbagi guys./. makash..